Kota Palu- Untuk pemutusan rantai penyebaran wabah Covid-19 wali Kota Palu, Hidayat, menghimbau agar masyarakat Kota Palu maupun pendatang yang ditetapkan sebagai pelaku perjalanan untuk betul-betul menaati anjuran pemerintah, salah satunya mengikuti peraturan pemerintah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan.

Menurutnya pada saat Press Conference di Posko Induk Satgas Pengendalian dan pecegahan wabah Covid-19 “Diharapkan seluruh warga kota Palu maupun pendatang betul-betul menaati dan disiplin dalam menjalankan statusnya sebagai Pelaku Perjalanan,” ujarnya.

Anjuran yang dimaksud bapak Wali Kota Palu tersebut antara lain yaitu selalu menggunakan masker setiap saat, bahkan ketika di dalam rumah. Karena, para Pelaku Perjalanan ini belum diketahui apakah terpapar virus atau tidak di dalam tubuhnya hingga mencapai batas waktu yang telah di tentukan yaitu sebanyak 14 hari atau sekitar 2 minggu. Setelah 14 hari para perantau yang terjangkit virus Covid-19 biasanya mulai ada beberapa yang menimbulkan beberapa gejala terkena virus Covid-19.

“Oleh karenanya diharapkan mereka (pelaku perjalanan) untuk tetap di rumah dan mendisiplinkan diri selama 14 hari. Bila perlu tempat makan dan minumnya terpisah. Ini dilakukan agar menjaga para keluarga bahkan tetangganya,”ungkap Wali kota.

Wali kota mengatakan bahwa Tim Surveillance Kota Palu terus bekerja untuk memantau orang-orang yang ditetapkan sebagai pelaku perjalanan untuk terus memastikan kondisi kesehatan mereka hingga 14 hari pasca perjalanan dari luar kota. Semoga, katanya mereka tidak terkontaminasi dengan virus Covid-19.