penyerahan-Sertifikat-PTSL

Radarsulteng, Palu – Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusli Dg. Palabbi beserta Kepala Wilayah Pertahanan Nasional yakni Donijanarto Widiantono secara simbolis memberikan sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun anggaran 2020 yang diberikan untuk lima orang perwakilan bertempat di sebuah hotel, Senin (9 – 11 – 2020).

Yang juga ikut hadir mendampingi acara ini yakni, Bupati Donggala Kasman Lassa, Bupati Sigi, Walikota Palu, Bupati Poso, Wakil Bupati Parigi Moutong, Kepala Dinas Perhubungan Sulteng beserta jajaran lainnya.

Penyerahan sertifikat PTSL oleh Wagub Rusli dilaksanakan usai mengikuti penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat se Indonesia secara virtual oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara yang juga diikuti oleh gubernur, bupati dan walikota serta pejabat terkait lainnya di 31 provinsi dan 200 kabupaten/kota se Indonesia.

Sesuai dengan arahan beliau, Presiden Jokowi meminta sertifikat tanah yang telah diberikan supaya dapat digunakan dengan sebagai mana mestinya, dan jika ada keinginan untuk digadaikan karena ada keperluan, diharapkan untuk dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, dalam hal pengembangan usaha kerja.

“Sertifikat ini bisa digadaikan, kalau pun mau menggunakannya, ingat gunakan untuk kesejahteraan yang dapat meningkatkan taraf hidup. Jangan untuk konsumtif, beli kendaraan motor, mobil,” kata Presiden Jokowi.

Selanjutnya, presiden juga mengatakan agar sertifikat dapat di jaga dengan baik, jangan sampai dirusak.

Berhubung sudah adanya sertifikat, maka tanah yang diserahkan kepada rakyat sudah mempunyai status hukum yang jelas.

“Simpan baik-baik yang ini, jangan sampai hilang. Sampai ke rumah fotocopi terdahulu,” ungkap Jokowi.

Jokowi juga menargetkan pada 2025 mendatang, sertifikasi tanah rakyat di tanah air sudah harus tuntas dibagikan.

Hal tersebut guna menghindari terjadinya persoalan konflik lahan karena tidak memiliki status hukum yang jelas.

Baca juga berita lainnya :