PALU – Puncak inkubasi virus Corona atau Covid-19, menurut para ahli sejak awal April dan diperkirakan sampai menjelang Ramadan atau pekan keempat April 2020. Oleh karena itu, warga dihimbau untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Namun tidak semua warga memiliki masker sebagian ada yang beralasan kesulitan mendapatkan masker, sebagaian ada juga yang mengatakan melonjak nya harga masker membuat masyarakat menjerit dan kesulitan mendapatkan masker. Oleh karenanya banyak ormas dan komunitas-komunitas peduli ramai-ramai berusaha membantu kesulitan masyarakat, salah satunya adalah kegiatan kemanusian pembagian masker gratis oleh PKS DPRD Sulteng yang baru-baru ini ramai di beritakan di berbagai media sosial.

Aksi kemanusiaan tersebut mendapatkan apresiasi dan pujian dari berbagai kalangan masyarakat, karena masalah utama yang sekarang di hadapi masyarakat adalag sulitnya mendaptkan masker dan kebutuhan bahan pokok sehari-sehari di tengah pandemi Covid-19 “Di sisi lain, banyak warga kita yang susah dapatkan masker. Olehnya itu, kami dari Fraksi PKS DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, membagikan masker secara gratis untuk warga Palu,”kata Ketua Fraksi PKS DPRD Sulteng, Hj Wiwik Jumatul Rofi’ah, S.Ag, MH, saat membagikan masker di Jalan Wahid Hasyim, Kelurahan Kampung Baru, Jumat (10/04/2020).

Pada tahap awal pembagian masker yang dilakukan Hj Wiwik Jumatul Rofiah, masih difokuskan di wilayah Palu Barat. Jumat (10/04/2020), dua titik yang menjadi sasaran pembagian masker. Selain Jalan Wahid Hasyim, masker juga dibagikan kepada ratusan warga di Jalan Bayam, sekitaran kompleks Pasar Inpres Manonda.

Dalam pembagian masker itu, Wiwik juga menitip pesan kepada warga, agar mengurangi aktivitas di luar rumah. Kalau pun keluar rumah, jika ada urusan yang sangat penting. Pesan tersebut di sampaikan guna mengingatkan kembali kepada masyarakat akan bahaya dari pandemi Covid-19 ini bagi kesehatan manusia.

“Kalau keluar rumah dipakai maskernya Bapak dan Ibu ya. Pulang ke rumah, maskernya boleh dicuci lagi dan bisa dipakai kembali. Ayo kita sama-sama saling menjaga dan ikuti imbauan pemerintah serta imbauan ulama dalam menghadapi wabah ini. Insya Allah akan segera berlalu, dan kita bisa menyambut Ramadan dengan penuh suka cita,” ujarnya pada saat membagikan masker.