PALU – Demi memutus rantai penyebaran Covid-19 pengawasan akses keluar masuk di PT. Citra Palu Minerals (CPM) diperketat. Tidak hanya itu semua karyawan maupun tamu, wajib dilakukan pemeriksaan suhu tubuh serta dilakukan penyemprotan disinfektan guna mencegah Covid-19. Dalam hal ini PT. Citra Palu Minerals (CPM) berharap agar smua karyawan selalu dalam keadaan steril agar tidak terjangkit virus corona.

Abdul Haris Yusuf Selaku Kepala Teknik Tambang PT. Citra Palu Minerals mengatakan,  pekerja atau tamu yang memasuki area CPM harus melewati penyemprotan disinfektan yang telah disediakan oleh petugas yang telah ditunjuk oleh perusahaan yaitu, di area klinik dan pos security. Peraturan ini bertujuan agar kondisi para karyawan selalu steril.

Abdul Haris juga mengatakan area kerja di CPM dan fasilitas pendukung lainnya akan dilakukan penyemprotan disinfektan secara berkala minimal dua kali sehari. Hal ini agar kondisi area kerja CPM selalu dalam keadaan bersih dan steril dari virus Covid-19.

 

“Hal itu merupakan kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), serta kebijakan menghadapi pandemi Covid-19,” Kata Abdul Haris kepada seluruh karyawan pada saat Safety Talk.

Lanjut Abdul Haris, karyawan atau tamu yang berpergian ke daerah terdampak Covid-19 wajib menginformasikan kepada petugas yang ditunjuk oleh perusahaan sebelum memasuki area CPM.

Beberapa langkah-langkah mengurangi risiko penularan penyakit, pihak CPM sebelumnya telah menerapkan di lingkungan perusahaan seperti pekerja diimbau tidak berjabat tangan dan menjaga jarak fisik minimal satu meter serta pekerja menjaga kebersihan dan menerapkan etika bersin. Kebijakan tersebut di bentuk demi menjaga keselamatan dan kesehatan para pekerja agar tidak terpapar virus Covid-19.

“Untuk menjaga kesehatan karyawan, kami juga telah menyedikan suplemen vitamin maupun menyajikan makanan yang mengandung protein tinggi, serta aktif mengingatkan kepada masing-masing departemen untuk lebih aktif mengingatkan personelnya dalam mencegah virus corona tersebut,” Kata Manager Human Resource Departement (HRD) PT. CPM, Atmaryadi Lukman.

Selain itu demi menjaga kesehatan dan keselamatan para karyawan juga telah dibekali pengetahuan Covid-19. Dalam memberikan pengetahuan pandemi virus corona itu, pihak CPM menghadirkan dr. Moh. Noval Farlan, Salah satu dokter umum di Rumah Sakit (RS) Wirabuana Palu.

Seperti diketahui baru baru ini sekitar akhir bulan Maret Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengumumkan satu warga Kota Palu positif terinfeksi Virus Corona atau Covid-19.